101.581 Guru Lolos Seleksi Administrasi PPG Bagi Guru Tertentu Periode 1 Tahun 2025

By On 12.30.00


guruolahraga.id - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan, dan Pendidikan Guru (Ditjen GTKPG) mengumumkan hasil Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu Periode 1 Tahun 2025. Proses seleksi ini telah dilaksanakan secara daring dari tanggal 27 Mei s.d. 17 Juni 2025, dan menghasilkan sebanyak 101.581 guru yang dinyatakan memenuhi syarat seleksi administrasi.

Download dan Dapatkan Materi PPG Tahun 2025


Guru yang dinyatakan lolos seleksi dapat mengakses hasil secara resmi melalui laman https://ppg.dikdasmen.go.id dan login melalui akun masing-masing guru pada Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).


Direktur Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan, dan Pendidikan Guru (Dirjen GTKPG), Nunuk Suryani, menyampaikan bahwa pemenuhan sertifikasi guru terus dilakukan secara bertahap. Ia mengatakan, bahwa pada tahun 2023, tercatat sekitar 1,6 juta guru belum tersertifikasi, hingga pertengahan 2025 ini jumlah tersebut telah berkurang menjadi sekitar 1 juta guru.

“Hal tersebut merupakan pencapaian yang signifikan dan menunjukkan komitmen pemerintah yang sangat besar untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru,” ucapnya di Jakarta, Rabu (2/7).



Dirjen Nunuk menambahkan, bahwa langkah ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 8 tentang Guru dan Dosen, bahwa setiap guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik, serta sehat jasmani dan rohani. “Kompetensi tersebut mencakup pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang diperoleh melalui PPG,” terangnya.

Pada saat ini pendaftaran bagi guru-guru yang belum mengikuti PPG masih terbuka, baik dari sekolah negeri maupun swasta untuk mengikuti seleksi administrasi pada 19 Juni s.d. 12 Agustus 2025. “Kami mengajak seluruh guru yang memenuhi syarat tanpa terkecuali, untuk segera mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan ini,” ujar Dirjen Nunuk.

Secara umum persyaratan dan mekanisme seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu dengan melakukan pemutakhiran data pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), verifikasi dan validasi (verval) data ijazah S1/D-IV melalui laman Info GTK, memilih bidang studi PPG dengan menyesuaikan kualifikasi akademik S1/D-IV atau berdasarkan bidang tugas, mata pelajaran, kelompok mata pelajaran yang diampu, hal ini sesuai ketentuan regulasi seleksi administrasi PPG bagi Guru Tertentu Tahun 2025.

Pelaksanaan program PPG bagi Guru Tertentu Tahun 2025 dilakukan secara bertahap dan dalam pelaksanaan pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu dilakukan secara mandiri dan terstruktur melalui platform Ruang Guru Tenaga Kependidikan (RGTK). “Oleh karena itu optimalkan seluruh waktu yang telah ditentukan guna kesuksesan Bapak/Ibu Guru dalam mengikuti proses seleksi administrasi hingga tuntas menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru,” kata Dirjen Nunuk.

“Melalui Program PPG bagi Guru Tertentu, Kami berharap dapat terus mendorong percepatan sertifikasi pendidik sebagai bagian dari strategi nasional untuk meningkatkan kualitas dan pendidikan bermutu bagi semua,” tutupnya.

Contoh Jawaban Bagaimana Perasaan Setelah Mengetahui Prinsip dan Karakteristik Kurikulum Merdeka

By On 20.04.00


guruolahraga.id “Bagaimana perasaan Anda setelah mengetahui prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka?” adalah pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui pendapat guru mengenai prinsip dan karakterisitik dari Kurikulum Merdeka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru tentunya harus memahami prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka.

Menurut Ayi Suherman dan ‎Rais Iqbal Rabiul Awal dalam buku Implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan variasi dalam pembelajaran intrakurikuler. Kurikulum ini dirancang agar materi bisa dipelajari lebih mendalam, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.

Secara umun, Kurikulum Merdeka memiliki prinsip dan karakteristik yang meliputi: berfokus pada hal-hal penting dalam pembelajaran, pengembangan karakter siswa, serta fleksibilitas dalam metode pengajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan lingkungan sekolah.
Contoh Jawaban: Bagaimana Perasaan Anda Setelah Mengetahui Prinsip dan Karakteristik Kurikulum Merdeka?

Berikut contoh jawaban pertanyaan Mengenai opini tentang prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka:
Setelah mengetahui prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka,

“saya merasa lebih termotivasi dan percaya diri tentang masa depan pendidikan. Pendekatan yang tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter dan kompetensi murid, membuat saya merasa bahwa siswa akan mendapatkan pendidikan yang lebih seimbang dan sesuai dengan kehidupan nyata”

“Hal yang membuat saya semakin tertarik adalah fleksibilitas kurikulum ini. Kurikulum Merdeka memberi kebebasan bagi guru dan sekolah untuk menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan murid dan lingkungan sekitarnya. Ini tentu sangat membantu karena pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan saya sebagai guru dapat merancang pembelajaran dengan kreativitas yang saya miliki”

“Secara keseluruhan, saya merasa kurikulum ini memberikan peluang besar bagi siswa untuk berkembang secara maksimal, tidak hanya dari segi akademik, tetapi juga dalam hal karakter dan kreativitas.”
Perlu diingat bahwa jawaban di atas hanyalah sebuah referensi, Anda bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan pandangan atau opini yang dimiliki.

Mengutip laman Kementerian Pendidikan adan Kebudayaan RI, berikut adalah prinsip dan karakteristik penting dari Kurikulum Merdeka:

Informasi penting disajikan secara kronologis
Fokus pada Muatan Esensial
Pembelajaran di Kurikulum Merdeka menekankan pada hal-hal yang paling penting dan relevan untuk mengembangkan kompetensi dasar murid. Fokus ini membantu guru memiliki waktu lebih untuk membahas materi secara mendalam, sehingga murid dapat memahami konsep dengan lebih baik dan tidak terburu-buru dalam menyelesaikan banyak materi sekaligus.

Selain itu, kurikulum ini juga membantu murid mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman, seperti literasi finansial, digital, dan kesehatan, serta isu-isu global seperti perubahan iklim.
Pengembangan Karakter

Salah satu prinsip dan karakter utama dari Kurikulum Merdeka adalah pengembangan karakter murid. Dalam kurikulum ini, kompetensi spiritual, moral, sosial, dan emosional dikembangkan secara seimbang melalui berbagai pendekatan.

Misalnya, melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), murid dilatih untuk berpikir kritis, bertanggung jawab, dan bekerja sama. Dengan demikian, murid tidak hanya berprestasi secara akdemik, tetapi memiliki akhlak yang baik dan sesuai dengan nilai Pancasila.

Fleksibilitas dalam Pembelajaran

Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas, baik dalam hal metode pengajaran maupun materi yang diajarkan. Artinya, guru dapat menyesuaikan cara mengajar mereka sesuai dengan kebutuhan dan minat murid, serta konteks sosial budaya setempat.

Misalnya, di daerah yang memiliki nilai-nilai budaya tertentu, pembelajaran dapat dikaitkan dengan tradisi lokal agar lebih relevan bagi murid. Fleksibilitas ini juga memungkinkan guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi murid.

Dengan memahami prinsip dan karakteristik Kurikulum Merdeka, guru dapat dengan lebih mudah menjelaskan pendapat atau opini tentang kedua hal tersebut.

Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG  Dalam Jabatan Tahun 2022

By On 02.23.00

guru olahraga - Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG  Dalam Jabatan Tahun 2022.  Menindaklanjuti surat kami Nomor 0597/B2/GT.00.03/2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang

Penundaan Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022, maka Direktorat
Pendidikan Profesi Guru akan melaksanakan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun
2022 secara daring berbasis domisili.

Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Seleksi Akademik akan dilaksanakan secara daring berbasis domisili pada tanggal 9 s.d. 24 April 2022, jadwal selengkapnya sebagaimana terlampir.
  2. Panduan dan Kisi-kisi Seleksi Akademik dapat diunduh pada laman ppg.kemdikbud.go.id mulai tanggal 2 April 2022.
  3. Tahapan persiapan seleksi akademik oleh peserta sebagai berikut:
  • Instalasi aplikasi seleksi akademik secara mandiri mulai tanggal 2 April 2022. Aplikasi Seleksi Akademik dapat diunduh pada laman ppg.kemdikbud.go.id.
  • Cetak kartu peserta seleksi akademik yaitu pada tanggal 6 April 2022 melalui akun SIMPKB masing-masing.
  • Koordinasi peserta dengan pengawas sesuai pembagian sesi masing-masing peserta (tercantum pada kartu peserta) sebagaimana jadwal terlampir
  • Uji coba seleksi akademik sesuai jadwal terlampir
  • Seluruh informasi terkait teknis persiapan dan pelaksanaan seleksi akademik disampaikan melalui laman ppg.kemdikbud.go.id.

Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Daljab Tahun 2022

Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
Jadwal persiapan dan pelaksanaan

Panduan Peserta Install Aplikasi Seleksi PPG Dalam Jabatan.

Perangkat anda telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan seleksi PPG dalam jabatan dalam jaringan berbasis domisili'. Selanjutnya masukkan nomor peserta seleksi, kode validasi, lalu klik proses, secara otomatis akan masuk ke ujian. Perlu juga mengetahui mengenai ketentuan ujian PPG Dalam Jabatan (Daljab).

Perangkat yang diperlukan pada pelaksanaan Seleksi Akademik yaitu:

  1. Laptop, yang sudah terpasang aplikasi seleksi akademik (SEB) dengan kapasitas 64,6 MB
  2. Handphone, yang sudah terpasang aplikasi Zoom dan Whatsapp
  3. Koneksi Internet, minimal kuota 10 GB.     
DOWNLOAD PANDUAN LENGKAP CARA INSTALASI SISTEM UJIAN AKADEMIK PPG :

Rincian langkah-langkah Instalasi Aplikasi Sistem Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Berbasis Dalam Jaringan Domisili 2022 sebagai berikut: 


Perhatikan Gambar di bawah ini :  

1. Masuk pada laman : https://ppg.kemdikbud.go.id/

2. Plilih Kotak warna merah seperti pada gambar, tunggu instalasi hingga selesai 


3. Cari aplikasi yang sudah di download 

4.Selanjutnya pilih "Run" jalankan instalasi ikuti langkahnya tunggu hingga selesai 

5. Selenajutnya pilih "Mulai Seleksi"

Panduan Peserta seleksi akademik dalam jaringan berbasis domisili



RPP Luring Kelas 6 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021 - 2022

By On 01.07.00

Guru Olahraga - Berikut ini kami sajikan RPP Luring Kelas 6 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021 - 2022. 


Tema 1 ( Selamatkan Mahluk Hidup)
        Sub tema 1 (Tumbuhan sahabatku)
                Pembelajaran 2 (PPKN, SBDP)
                Pembelajaran 3 (Bahasa Indonesia, IPA)
                Pembelajaran 4 (Bahasa Indonesia, PPKN)
                Pembelajaran 5 (IPS, SBDP)
                Pembelajaran 6 (IPS, SBDP)

 

Jadwal dan Persyaratan Rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7

By On 00.21.00

www.guruolahraga.id - Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 7
PGP Angkatan 7 akan dilaksanakan pada sasaran 446 Kabupaten/Kota (daftar Kabupaten/kota dan provinsi sebagaimana Lampiran 1). Pelaksanaan PGP angkatan 7 direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 7 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon peserta guru penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi. Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.

1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak angkatan 7 adalah guru sejumlah 20.000 peserta sesuai persyaratan pada Lampiran 2.
2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya di sekolah masing-masing.
3. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;
Tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.
Registrasi akan dibuka mulai tanggal 14 Maret– 15 April 2022.
4. Tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.
Cek Surat Keluar Dirjen KSPSTK  (0623/B3/GT.03.15/2022)
Jadwal dan Persyaratan Rekrutmen Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7


A. Latar Belakang

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman, aman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masingmasing.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru penggerak adalah katalis peningkatan kualitas proses pendidikan di sekolah yang akan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah untuk mendukung proses dan hasil belajar murid. Hasil belajar murid tidak hanya dimaknai dengan nilai-nilai, tapi juga pada karakter dan sikap murid yang tertuang dalam profil pelajar pancasila.
 
PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 6 (enam) bulan.

Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (pengajar praktik).
 
Pelaksanaan pendidikan guru penggerak angkatan 7 akan dimulai awal bulan Oktober 2022. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan rekrutmen calon peserta pendidikan guru penggerak, oleh karena itu sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan guru penggerak diperlukan rekrutmen calon peserta dimaksud.

B. Tujuan

Melakukan rekrutmen calon peserta pendidikan guru penggerak angkatan 7 untuk mendapatkan guru terbaik pada wilayah provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

C. Sasaran

Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7 adalah Guru yang berasal dari satuan pendidikan formal pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

D. Deskripsi dan Persyaratan

Calon guru penggerak akan mengikuti pendidikan guru penggerak selama 6 (enam) bulan. 

Dalam proses pendidikannya calon guru penggerak akan mendapatkan materi secara daring dari instruktur, kemudian mendapatkan fasilitasi pembelajaran secara daring, untuk berdiskusi, elaborasi, refleksi, dan penugasan dari fasilitator. Di wilayahnya, calon guru penggerak mendapatkan pendampingan individu secara luring/daring dari pengajar praktik dan melakukan lokakarya bersama guru penggerak lainnya.

1. Peran Calon Guru Penggerak

Belajar secara online, belajar mandiri, dan belajar mandiri terbimbing, untuk menyelesaikan 10 modul melalui kolaboratif, diskusi, refleksi, elaborasi bersama fasilitator dan instruktur, dan berkolaborasi dengan teman guru lainnya;
Belajar di tempat kerja dan lokakarya bersama guru lainnya yang didampingi pengajar praktik;
Belajar dan mengerjakan tugas-tugas melalui LMS (Learning Management System) yang disediakan;
Melakukan aksi nyata dari pembelajaran yang diberikan, di kelas atau di sekolah.

2. Kriteria Umum

Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat latsar PNS, PPG, dan sebagai asesor Pendidikan Guru Penggerak atau Program Sekolah Penggerak;
Tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak atau sedang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak pada Program Sekolah Penggerak (PSP);
Tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, pengawas lapang pada Program Organisasi Penggerak (POP);
Tidak sedang menjadi pengajar praktik, fasilitator pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP);
Mendapat izin dari pimpinan/ atasan langsung tempat bekerja;
Memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi guru penggerak dan bersedia mengikuti proses pendidikan selama 6 (enam) bulan;
Aktif mengajar sebagai guru;
Bagi calon peserta yang sedang mengikuti proses seleksi PGP angkatan 5 atau PGP angkatan 6, mohon untuk melanjutkan seleksi tersebut dan tidak mengikuti seleksi PGP angkatan 7, kecuali peserta yang sudah dinyatakan tidak lulus pada seleksi sebelumnya.

3. Persyaratan
  1. Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta;
  2. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4;
  4. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun;
  5. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 (sepuluh) tahun.
E. Mekanisme Seleksi

1. Ditjen GTK menyiapkan laman dan SIM Aplikasi pendaftaran calon pendidikan guru penggerak;

2. Ditjen GTK menyosialisasikan Program Pendidikan Guru Penggerak kepada masyarakat dan pihak-pihak yang terkait;

3. Ditjen GTK mengumumkan pendaftaran calon peserta pendidikan guru penggerak secara daring melalui laman maupun melalui surat kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota.

4. Calon pendidikan guru penggerak mendaftar secara daring pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dengan mengisi pernyataan/pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan yang terdiri dari:
  • mengisi biodata pada laman;
  • mengunggah Kartu Tanda Penduduk
  • mengunggah Ijazah S1/D4;
  • mengunggah surat rekomendasi;
  • mengunggah SK mengajar;
  • mengunggah surat izin dari kepala sekolah tempat bekerja (sesuai format).
5. Ditjen GTK melakukan dua tahap seleksi untuk calon guru pengerak sebelum mengikuti PGP, yaitu: 1) tahap registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai; dan 2) tahap penilaian simulasi mengajar dan wawancara.
6. Ditjen GTK menetapkan dan mengumumkan calon guru penggerak yang memenuhi syarat secara daring dan menyampaikan rekapitulasi kepada dinas pendidikan kabupaten, kota, dan provinsi serta penyelenggara pendidikan guru penggerak (Unit Pelaksana Teknis/UPT).


F. Langkah-langkah Pendaftaran & seleksi melalui Aplikasi Pendaftaran calon Guru Penggerak mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Mengakses dan login ke simpkb;
Membuka menu program Guru Penggerak dan melakukan Registrasi Calon Guru Penggerak melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak ;
Mengikuti tahapan seleksi calon peserta Pendidikan Guru Penggerak;
Melakukan ”ajuan” sebagai calon peserta Pendidikan Guru Penggerak.

Silahkan Cek Daerah Sasaran Program Guru Penggerak Angkatan 7 dibawah ini :


Demikian informasi tentang Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 7 . Semoga ada manfaatnya, terima kasih .

Panduan Pemuktahiran Data Calon Peserta PPG Tahun 2021

By On 00.27.00

www.guruolahraga.id - Seperti yang kita ketahui bahwasannya Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 0063/B2/GT.03.15/2022 tentang Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022, satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG daljab 2022.

Panduan Pemuktahiran Data Calon Peserta PPG Tahun 2021

Pada awal tahun 2022 ini, Kemdikbudristek Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengumumkan panduan pemutakhiran data PPG dalam jabatan tahun 2022, yang artinya bakal diadakan seleksi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru.
Pemutakhiran data ini bisa dilakukan oleh semua guru PNS maupun Non PNS yang mengajar di satuan pendidikan di bawahnya Kemdikbudristek baik untuk guru sekolah negeri maupun swasta.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

PPG Dalam Jabatan ini diperuntukan bagi guru-guru yang sebelumnya sudah mengajar (honorer/pns) di sekolah-sekolah dalam kurun waktu tertentu (2-5 tahun) dan sudah masuk di SIMPKB. Secara otomatis nantinya akan mendapat undangan untuk mengikuti PPG melalui SIMPKB. Namun untuk bisa mengikuti PPG sebelumnya harus bisa lulus pretest dan post test. Adapun untuk jangka waktu perkuliahannya kurang lebih akan dilaksanakan selama 4 bulan.

Bedanya dengan PPG Prajabatan ini terbagi lagi menjadi dua, yakni PPG Prajabatan SM-3T dan PPG Prajabatan Reguler (umum). Sebelumnya (sejak tahun 2013) program PPG Prajabatan ini dirintis melalui program SM-3T (hingga angkatan VI). Dimana pesertanya adalah seluruh alumni SM-3T yang sebelumnya sudah mengabdi menjadi guru di daerah 3T selama 1 tahun. Selesai mengabdi, mereka ditarik kembali oleh LPTK untuk di PPG kan berasrama (beasiswa + tunjangan). Selesai PPG, mereka bisa mengikuti program Guru Garis Depan (GGD) dan langsung menjadi PNS/ASN.
Dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai 

Panduan cara pemutakhiran data calon peserta PPG tahun 2022, 

yaitu antara lain berikut ini:
Nomor Induk Kependudukan dan tanggal lahir melalui laman verval PTK
Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pndidikan terakhir yang di perbarui melalui Menejemen Individu PTK
Riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar melalui aplikasi dapodik, dan
Status kepegawaian dan jenis PTK melalui menejemen dinas pendidikan

Surat edaran yang tersebutkan diatas, maka di harapkan bagi guru- guru yang belum terpanggil sebagai peserta PPG hingga tahun ini, dapat segera melakukan perbaikan pemeriksaan data kepegawaiannya, agar bisa terpanggil PPG di tahun ini dengan catatan data harus sesuai dengan permintaan persyaratan peserta PPG.

Bagi Bapak dan Ibu guru sekalian yang tenyata masih ada beberapa data yang perlu di perbarui atau di mutakhirkan, berikut ini beberapa panduan cara pemutakhiran data calon PPG tahun 2022.

1. Perbaikan Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Tanggal Lahir

Dengan memastikan data NIK serta tanggal lahir sudah benar melalui aplikasi verval PTK di laman https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ , dengan cara sebagai berikut

Log in pada aplikasi vevalPTK
Kemudian, pilih sub menu “Perbaikan Identitas” pada menu “Identitas”
Selanjutnya, cari data PTK yang akan di ajukan pernaikan identitasnya, lalu klik tombol perbaikan.
Kemudian, lengkapi formulir perbaikaan identitas tersebut, selanjutnya klik tombol Perbaikan Data untuk menyelesaikan proses perbaikan identitas.
Jangan lupa, untuk cek pada sub menu “Status perbaikan” untuk melihat status perbaikan, berhasil atau belum berhasilnya.

2. Perbaikan Data Riwayat Pendidikan Formal

Pada perbaikan ini bapak dan ibu guru harus memasikan data riwayat pendidikan formal telah terisi, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan tinggi (terakhir ) melalui laman manajeman individu PTK pada laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ , cara memperbaikinya yaitu sebagai berikut :

Langkah pertama, Log ini pada aplikasi manajeman individu PTK menggunakan akun PTK
Selanjutnya, pada bagian “Data PTK”, pilih menu “Pendidikan”, lalu klik sub menu “Tambah Riwayat”
Selanjutnya isi data riwayat pendidikan secara teliti dan benar
Jangan lupa untuk menyimpan perubahan perbaikan tersebut.

3. Perbaikan Data Riwayat Karir Guru

Pada tahap ini, memastikan data riwayat karir guru telah ter isi dari mulai pertama kali mengajar hingga karir mengajar saat ini. Penambahan data riwayat karir guru dapat mengikuti langkah berikut ini :

Log in pada aplikasi Dapodik menggunakan akun PTK
Selanjtunya pilih menu “GTK” , lalu pilih sub menu “Guru”
Pilih nama guru, lalu Klik tombol “Ubah”
Kemudian, pada data rincian GTK, pilih menu tabulasi “Rwt. Karir Guru”, lalu tambahkan data riwayat karier guru mulai dari pertama mengajar hingga mengajar saat ini.
Jangan lupa untuk Klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan perbaikan
Langkah terakhir lakukan “Sinkronisasi”.

4. Perbaikan Data Status Kepegawaian dan Jenis PTK

Selanjutnya data yang perlu di pastikan kebenarannya yaitu memastikan status kepegawaian dan jenis PTK sudah selesai terisi dengan benar. Jika terdapat data yang kurang sesuai kebenarannya dapat diperbaiki melalui manajemen Dapodik oleh Admin Dapodik Dinak Pendidikan di laman https://datadik.kemdikbud.go.id . Untuk melakukan penambahan data status kepegawaian dan jenis PTK dapat mengikuti cara- cara berikut ini :

Langkah pertama, log in pada manajemen Dapodik menggunakan akun Dinas Pendidikan
Pada menus Dashboard, pilih tombol Guru dan Tendik, pilih kategori pencarian, isi kolom pencarian dengan kategori pencarian yang dimaksud lalu klik cari PTK.
Setelah langkah pencarian berhasil, langkah selanjutnya yaitu pilih menu “Kepegawaian” , sesuaikan isian status kepegawaian dan jenis PTK, lalu klik “Simpan”
Langkah selanjutnya yaitu lakukan data/ sinkronisasi oleh operator satuan pendidikan untuk menarik hasil perbaikan data yang sudah dilakukan tersebut.
Untuk batas waktu pemutakhiran Data calon peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022 ini, yaitu Pada tanggal 30 Januari tahun 2022 pukul 23.59 WIB. Jadi pastikan Bapak dan Ibu guru yang ingin mendaftar dan terpanggil PPG Daljab tahun ini segela melakukan perbaikan dan pemutakhiran datanya.

Supaya bisa login ke akun PTK silahkan tanyakan username dan password pada operator sekolah. Pemutakhiran data ini harus dilakukan oleh masing-masing individu (guru itu sendiri) karena yang tahu kebenaran data dirinya sendiri.

Demikian paparan mengenai panduan cara melakukan pemutarkhiran data peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi Bapak dan Ibu sekalian dalam membantu bapak ibu melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Penetapan Calon Mahasiswa PPG Angkatan IV Tahun 2021

By On 10.33.00

Penetapan Calon Mahasiswa PPG Angkatan IV Tahun 2021

www.guruolahraga.id - Penetapan Calon Mahasiswa Angkatan IV dan Mekanisme Lapor Diri PPG Daljab Tahun 2021

Informasi penetapan calon mahasiswa dapat dilihat melalui akun Simpkb masing-masing. Lapor diri tanggal 25-26 Agustus dilakukan secara daring melalui laman LPTK yang dapat dilihat di https://ppg.kemdikbud.go.id/lptk/. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dilaksanakan secara daring/online.

Bagi guru yang belum ditetapkan sebagai calon mahasiswa tahun 2021 agar menunggu informasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022.
Menindaklanjuti surat kami tanggal 30 Juli 2021 Nomor 355/B2/GT.03.15/20201 Tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatana Tahun 2021, Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenga Kependidikan membuka Angakatan IV dengan kuota sebnyak 23.961 orang.

Sehubungan dengan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan IV Thun 2021, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Informasi penempatan calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan IV tahun 2021 ke perguruan tinggi penyelenggara dapat dilihat pada akun SIMPKB masing-masing.
Bagi guru yang telah mendapatkan informasi penempatan PPG Dalam Jabatan Angkatan IV wajib melakukan konfirmasi kesediaan secara Online melalui akun SIMPKB pada tanggal 11 s.d. 18 Agustus 2021.
Penetapan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan IV tahun 2021 akan disampaikan pada tanggal 21 Agustus 2021 melalui laman ppg.kemdikbud.go.id dan akun SIMPKB masing- masing.
Bagi guru dengan status “cadangan” yang menyatakan bersedia, maka akan menajadi peserta cadangan jika ada peserta utama yang tidak menyatakan kesediaannya.
Seluruh peserta wajib memantau seluruh tahapan jadwal dan perkembangan informasi melalui laman resmi PPG.
Baca Juga :  Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan
Berkenaan dengan hal-hal tersebut di atas, maka selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru-guru dimaksud sesuai kewenangan masing-masing.
Atas perhatian dan keijasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Cara Cek peserta PPG

Oke, langkah pertama silahkan menuju portal : https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/, kemudian pilih PPG – Prajabatan dan Dalam Jabatan dan klik tombol MASUK.

login menggunakan akun simpkb bapak dan ibu, nah sesuai surat konfirmasi diatas, bahwa jika bapak dan ibu guru terdafttar sebagai Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan IV Tahun 2021, maka akan ada pemberitahuan dii akun anda.

Khusus bagi Bapak/Ibu Guru yang menjadi Kandidat Peserta PPG dalam Jabatan 2021, silakan melakukan pelaporan melalui Akun SIMPKB yang terpanggil sebagai Kandidat Peserta PPG

Selanjutnya silahkan konfirmasi Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan IV Tahun 2021 melalui laman simpkb pppg kemdikbud. Semoga berhasil.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi  PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

By On 01.55.00

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi  PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

www.guruolahraga.id - Menindaklanjuti pelaksanaan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2021 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi SIMPKB, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Dari hasil seleksi administrasi tersebut sejumlah 38.215 guru dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagaimana daftar rekapitulasi terlampir, hasil kelulusan selengkapnya dapat dilihat pada laman ppg.kemdikbud.go.id atau melalui akun SIMPKB masing-masing.
Guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi maka selanjutnya dapat memantau penempatan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan I sesuai dengan ketersediaan kuota. Sedangkan, bagi guru yang belum mendapatkan penempatan Angkatan I maka dapat memantau penempatan pada angkatan berikutnya sesuai jadwal.
Guru yang telah mendapatkan penempatan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan I di perguruan tinggi, selanjutnya agar melakukan konfirmasi kesediaan pada tanggal 15 s.d. 19 Maret 2021 melalui laman ppg.kemdikbud.go.id atau melalui akun SIMPKB masing-masing.
Konfirmasi Kesediaan PPG Daljab Angkatan I

Sesuai dengan surat nomor 0761/B2/GT/2021 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tahun 2021 kami informasikan Guru yang telah mendapatkan penempatan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Angkatan I di perguruan tinggi segera melakukan konfirmasi kesediaan pada tanggal 15 s.d. 19 Maret 2021 melalui laman ppg.kemdikbud.go.id atau melalui akun SIMPKB masing-masing.

Seluruh proses PPG dilaksanakan secara daring/online. Bagi guru yang belum mendapatkan notifikasi sebagai calon mahasiswa angkatan 1 agar menunggu pemberitahuan selanjutnya. Terima kasih.

Buka Musorkab III KONI OKU Timur, Wabub Minta Sukseskan Porprov Sumsel

By On 01.28.00

Buka Musorkab III KONI OKU Timur, Wabub Minta Sukseskan Porprov Sumsel

www.guruolahraga.id - Pengurus KONI  Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) III yang dilangsungkan di Aula SMAN 1 Belitang, Senin (29/3/2021). Acara Musorkab dibuka secara resmi oleh Wabub Bupati OKU Timur H.M Adi Nugraha Purna Yudha, S.H

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Ketua 6 KONI Sumsel dan sejumlah pengurus serta sejumlah jajaran Dinas Terkait. Acara Musorkab dihadiri oleh perwakilan dari 31 cabang olahraga yang ada di OKU Timur

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H.M Adi Nugraha Purna Yudha, S.H menyatakan, sejauh ini, sudah beragam prestasi yang dicapai atlet OKU Timur dalam beberapa tahun terakhir. 

“Selama ini sudah banyak atlit dari OKU Timur yang punya prestasi hebat hingga level Provinsi dan nasional. Seperti dari cabor Atletik, Whusu, Senam, Sepak Bola dan Cabor Lainnya. Prestasi yang sudah diraih harus terus ditingkatkan lagi,” katanya.

Menurutnya, salah satu tolak ukur keberhasilan pengurus KONI adalah dengan melihat deretan prestasi yang berhasil diraih. Selanjutnya dalam kata sambutan yang disampaikan yaitu tetang persiapan sebagai tuan rumah Porprov Sumsel 2021 di OKU Raya yang Notabene OKU Timur menjadi tuan rumah 10 cabang olahrga  untuk segera berkoordinasi dengan Pengurus Koni OKU dan OKU Selatan, Agar terciptanya kerjasama dalam mensukseskan Agenda Besar tersebut.
Sementara itu, dalam Musorkab tersebut, para pengurus cabor sepakat memilih kembali nama H. Onasis Arfa, S.E. sebagai Ketua KONI OKU Timur untuk masa bakti 2021-2025. Dalam musorkab itu, H. Onasis Arfa, S.E terpilih jadi Ketua KONI OKU Timur secara aklamasi karena hanya terdapat calon tunggal.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pada saya untuk memimpin KONI OKU Timur selama empat tahun kedepan. Setelah dapat amanah ini, saya secepatnya akan segera bekerja keras untuk meningkatkan prestasi olahraga dan mensukseskan Porprov Sumsel 2021 di OKU Timur,” cetus H. Onasis Arfa, S.E.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *