Scroll Untuk Baca Artikel
NewsPPG

Bisakah Guru PAUD Ikut PPG?

4126
×

Bisakah Guru PAUD Ikut PPG?

Sebarkan artikel ini

guruolahraga.id – Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan sebuah program pendidikan yang dilaksanakan setelah menempuh pendidikan sarjana atau sarjan terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik baik pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Program PPG ini diselenggarakan oleh LPTK atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Guru yang telah mengikuti program pendidikan profesi guru akan mendapatkan sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik tersebut merupakan bukti formal atas kompetensi dan keprofesionalan guru sebagai tenaga pendidik.

Sebagai seorang tenaga pendidik, sangat penting bagi guru untuk memiliki sertifikat pendidik, termasuk guru PAUD. Selain agar bisa mendapatkan tunjangan dan bukti sertifikasi, sertifikat pendidik juga menjadi syarat dalam mengisi jabatan fungsional di berbagai rekrutmen kepegawaian.

Sebelumnya muncul pertanyaan mengenai apakah guru PAUD ada PPG. Namun hal itu telah terjawab pada wacana Rancangan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). Berdasarkan RUU tersebut, ada PPG yang bisa diikuti oleh Guru PAUD.

Baca Ini Juga  Kisi - Kisi PEDAGOGIK Umum Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan

Selain tunjangan guru, RUU Sisdiknas tersebut juga mengatur tentang guru non sertifikasi baik dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Aturan tersebut berhubungan dengan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurut penjelasan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pendidikan profesi guru wajib diikuti oleh calon guru yang belum mengajar.

Hal itu dikarenakan sertifikat pendidik yang didapatkan melalui program PPG merupakan syarat wajib untuk diperbolehkan mengajar. Untuk guru yang sudah mengajar, PPG tidak diwajibkan.

Berdasarkan aturan umum Pendidikan Profesi Guru, Guru PAUD ada PPG dan hanya bisa mendaftar program PPG Prajabatan sebab PAUD bukan merupakan bagian dari pendidikan formal.

Hal itu seperti yang tercantum pada Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2005.

Syarat PPG

Guru PAUD dapat mendaftar pada program pendidikan profesi guru prajabatan melalui portal resmi PPG yang bisa diakses melalui ppg.kemdikbud.go.id. Adapun syarat yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut;

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak atau belum terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah pada Data Pokok Pendidikan
  3. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah
  4. Tidak menggunakan obat – obatan terlarang (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi terkait
  5. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi terkait
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3.00
  7. Berusia maksimal 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran PPG
  8. Menandatangani pakta integritas
  9. Mengikuti seluruh tahapan seleksi
Baca Ini Juga  Luar Biasa, Organ Tubuh Bocah Selamatkan 7 Nyawa

Tujuan dari program Pendidikan Profesi Guru adalah mencetak guru yang kompeten dalam mengajar. PPG sendiri dilaksanakan selama 2 semester atau satu tahun.

PPG Prajabatan yang bisa diikuti guru PAUD tidak mewajibkan pendaftarnya memiliki bidang studi yang linier. Artinya seluruh calon guru lulusan non kependidikan dapat mendaftar pada Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Sementara ini yang masih dapat diketahui para guru bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan apabila telah mendapatkan undangan melalui SIM PKB setelah dinyatakan lolos dalam seleksi akademik.

Setelah itu para guru PAUD juga harus mengikuti tahapan seleksi PPG yang meliputi seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

Demikian informasi mengenai apakah guru PAUD ada PPG. Guru PAUD tidak akan mendapatkan undangan seperti halnya guru – guru pada jenjang pendidikan formal yang dapat dilihat melalui SIM PKB. Guru PAUD dapat mendaftar PPG Prajabatan melalui portal resmi Pendidikan Profesi Guru.