www.guruolahrga.id – A. Rasional Pengembangan pedoman ini didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui jalur PPG. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PGDK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.
Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG
PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.
B. TUJUAN PENULISAN Penulisan sumber belajar ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber belajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing.
C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL
1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.
2. Memperhatikan secara cermat indikator/kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II.
3. Membaca dan memahami setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator.
4. Mencoba untuk mengerjakan setiap soal yang ada, kemudian mencocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia.
5. Mempelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/indikator.
6. Menuliskan hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan mendiskusikannya dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
7. Mencoba untuk mengerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
8. Mencocokkan hasil latihan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, melihat pembahasan yang ada di BAB II.
9. Memperluas dan menambah pengetahuan Anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.
Berikut ini akan diuraikan beragam soal dan pembahasan dalam upaya membantu peserta PPG dalam menyiapkan Uji Pengetahuan.. Soal soal disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional.
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam
(1) merencanakan pembelajaran yang mendidik,
(2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan
(3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam
(1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam,
(2) menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan,
(3) mengelola informasi,
(4) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi,
(5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu,
(6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan
(7) bekerja di bidang keahlian pokok.